Saturday, January 9, 2016

Pertahanan Minggu Ke-2 Listrik dan Token

Haloo, sudah hari sabtu lagi nih ga terasa, kembali lagi bersama saya dalam latihan pertahanan!
Sesuai dengan permintaan para pembaca, kali ini kita akan melatih pertahanan kita di bidang listrik/token!!! Wuhuu, hati-hati keseterum ya(abaikan).
Token merupakan pengeluaran terbesar ketiga setelah Makanan/minuman, hampir sejajar dengan Internet(Wifi/Bolt). Walaupun sebenarnya nominalnya sendiri bisa sangat bervariasi bagi tiap-tiap orang. Adapun hal ini disebabkan oleh ada orang yang memakai AC, kulkas, kipas angin, TV dan ada juga yang tidak.
Sehingga perhitungan di bidang ini tidak bisa saya lakukan secara umum. Tapi tenang, saya akan memberikan cara agar kalian bisa menghitung berapa KwH yang kalian keluarkan sebulan dan berasal darimana saja pengeluaran tersebut.
Langsung saja kepada perhitungannya:
Jenis Barang
Watt
Lama waktu penggunaan(jam)
Jumlah barang
Konversi ke KwH(Kilowatt/Hour)
-Lampu
20



-AC 1 PK
800



-TV
130



-Mesin Cuci
250



-Kulkas
100



-Komputer
175



-Laptop
60



-Kipas Angin
100



Total




Mungkin agak sedikit memakan waktu dan tenaga, tapi dengan ini setidaknya kalian akan sadar bahwa barang apa yang paling banyak menyedot listrik kalian setiap bulannya. Sehingga kalian bisa fokus meningkatkan pertahanan kalian terhadap barang itu.
Jadi asumsi kita mengambil pilihan II pada pertahanan makanan/minuman, kita akan memiliki budget sekitar Rp.50.000 untuk token setiap bulannya.(100rb lagi untuk pulsa, d.l.l)
Adapun Rp.50.000 bagi beberapa tempat berbeda-beda: (cara menghitung ada di situs lain)
-Untuk yang listriknya berkapasitas 450 Volt = 113 KwH
-Untuk yang listriknya berkapasitas 900 Volt = 77.6 KwH
-Untuk yang listriknya berkapasitas 1300 Volt = 59,4 KwH
Dan dari data tersebut bisa didapat berapa batas pemakaian KwH kita setiap bulannya.
Namun, seperti yang kita tahu, seiring berjalannya waktu, ketika kita pendapatan kita membesar, pengeluaran kita juga ikut membesar, tidak terkecuali dalam hal ini. Sehingga kalau boleh saya asumsikan pengeluaran untuk listrik/token setiap bulannya mencapai Rp.400.000 itu adalah hal yang biasa!(silahkan di survei berapa pengeluaran rata-rata orang di sekitar kalian, seperti orang tua kalian ataupun kakak kalian yang sudah menikah. Kemudian hasilnya bisa kalian sampaikan di komentar sebagai perbandingan kita bersama).
Bayangkan jika kita bisa menghemat hingga setengahnya(asumsi Rp.400.000/bulan), kita akan mendapatkan bonus Rp.200.000 setiap bulannya. Dan dalam 10 tahun kita akan mendapat Rp.24.000.000 pasukan baru yang siap bertempur untuk kita!!! Bukankah itu jumlah yang lumayan besar???
Untuk cara menghematnya sendiri tidak akan dibahas disini, melainkan akan dibahas di minggu-minggu depan. Sabar ya, karena kalau dijabarin disini akan sangat memakan tempat dan waktu. Sehingga nanti kita akan membahas satu persatu apa yang bisa dihemat dari pengeluaran di listrik ini.
Dan pastinya mengenai apa yang mau dibahas terlebih dahulu itu tergantung kalian, jadi silahkan tulis di komentar pengeluaran listrik terbesar kamu dimana, sehingga bisa sama-sama kita bahas di artikel berikutnya mengenai cara menghematnya! Ditunggu yaa.

Sekian dan selamat berhemat!!!

No comments:

Post a Comment