Monday, February 15, 2016

Serangan Minggu Ke-7 Emas

(Gambar: Alchemist Dota 2)
Kembali lagi ke latihan serangan minggu ini, yang bernama emas.
Sebenarnya saya tidak begitu suka dengan serangan yang satu ini, namun tidak ada salahnya jika kita pelajari untuk sekilas saja.
Adapun emas ini adalah jenis serangan yang lebih berfokus kepada pertahanan dibanding serangan sendiri. Adapun pengertian umumnya adalah emas adalah sesuatu yang kita beli untuk mempertahankan pasukan yang kita miliki dari serangan inflasi dan pelemahan kurs mata uang.
Adapun harga emas seperti yang kita ketahui tahun 2015 kemarin menyentuh titik terendah selama 10 tahun terakhir*, yang berada di $1000/oz. Adapun cara membacanya agar kita bisa tahu berapa harga emas di pasaran bisa dikonversikan sendiri atau dengan melihat situs-situs resmi yang memang menjualbelikan emas seperti situs ini. Adapun dalam lingkungan Indonesia yang umum digunakan adalah Rp/gram.
Penyebab saya kurang suka dengan serangan ini adalah:
Pertama, harga jual emas dan buyback emas mempunyai gap yang lumayan besar, sehingga jika kalian membeli emas 1 gr dan langsung menjualnya kalian langsung menderita kerugian sebesar 54rb!!!(kurang lebih) Sehingga kalaupun harga emas naik sebesar 10%, maka mungkin kalian hanya akan mendapatkan keuntungan sebesar 5%.
Kedua emas sangat tidak dianjurkan untuk pemain yang memiliki pasukan yang sedikit. Kenapa? Karena harga emas akan semakin murah dengan bertambahnya volume emas yang kita beli. Adapun harga termurah emas bisa kita dapatkan ketika kita membeli emas dengan volume 500 gr. Perbedaan harga antara kita membeli emas 1 gr dengan 500gr bisa sampai 40rb/gram-nya!
Ketiga untuk menyimpannya agak repot dan butuh biaya. Yang biasa dilakukan orang-orang adalah menaruh emas di safety box yang terdapat di bank. Yang mana pastinya membutuhkan biaya lagi setiap tahunnya. Untuk rincian biayanya bisa kalian lihat disini.
Sehingga karena 3 faktor di atas saya kurang begitu menyukai jenis serangan yang satu ini. Kalaupun memang ingin berinvestasi disini, lakukan hanya karena kalian ingin mempertahankan pasukan kalian yang kita miliki dari serangan inflasi dan pelemahan kurs mata uang.
Oiya, tidak adil rasanya jika saya hanya membahas kekurangannya, oleh karena itu berikut adalah keunggulan serangan ini:
-Likuiditas tinggi(mudah diuangkan). Artinya? Jika kalian mempunyai emas(terutama yang logam), maka kalian hanya perlu mendatangi toko emas dan menjualnya! Sesimpel itu.
-Ga perlu repot. Ya seperti yang kita tahu dalam berinvestasi emas kita tidak perlu melakukan banyak hal selain membeli dan berharap harganya naik. Adapun beberapa teknik investasi emas yang lain seperti berkebun emas yang mana saya sendiri belum begitu mempelajarinya, sehingga belum bisa menjelaskan positif dan negatif dari teknik tersebut.
-Volatilitas harga tidak terlalu tinggi. Dibanding jenis serangan saham, forex memang dia termasuk yang lebih aman. Tapi tetap tidak menutup kemungkinan untuk mengalami rugi dari bermain emas ini, Jadi memang jangan termakan teori bahwa investasi emas tidak akan rugi. Karena return dan risk berada pada sisi yang berbeda pada koin yang sama.

Sekian dulu untuk minggu ini, semoga bisa bermanfaat dan tetap semangat!!!

*mohon dikoreksi jika ada yang tahu data sebenarnya.

No comments:

Post a Comment