Monday, February 22, 2016

Serangan Minggu Ke-8 Properti

(Gambar: Star Ocean 5)
Halooo
Sudah siap untuk meningkatkan pendapatan kalian dalam latihan serangan kita kali ini?
Jika minggu lalu kita membahas html saham dan forex yang saya sarankan untuk orang-orang yang sudah lumayan advanced dalam dunia investasi, maka serangan kali ini saya sarankan untuk orang-orang yang sudah memiliki prajurit* dalam skala yang lumayan besar.
Sebenarnya bukan berarti orang yang memiliki jumlah prajurit sendiri tidak bisa melakukan serangan ini, tetapi yang saya ketahui sejauh ini memang serangan ini paling aman** untuk dilatih ketika kalian sudah mempunya jumlah prajurit yang sudah cukup besar untuk bertempur buat kalian.
Sudah ada gambaran apa nama serangan ini?
Pintar sekali! Namanya adalah Properti.
Saya yakin kalian semua sudah tahu mengenai serangan ini, setidaknya basic-nya sudah ada kan ya.(Kecuali kalian selama ini tinggal di hutan mungkin.)
Langsung saja kita membahas dari sisi keuntungan jenis serangan ini:
1.Properti adalah investasi yang paling dianjurkan oleh Robert Kiyosaki dan juga beberapa pakar lainnya, seperti  Tung Desem Waringin dan juga Mr.Money Mustache. Sebenarnya banyak pakar lain yang juga menyarankan untuk berinvestasi di properti, tetapi saya belum melakukan riset lebih lanjut mengenai siapa-siapa saja-nya.
2.Properti adalah investasi yang harganya cukup stabil dan cenderung naik dalam jangka panjang. Gampangnya gini deh, harga rumah kalian dulu(pas pertama kali dibeli) ama sekarang sudah beda berapa? Kurangi perbedaan harga tersebut dan bagikan dengan jangka waktu kalian membeli rumah tersebut. Dan hasilnya dibagi dengan harga awal rumah itu dulu. Dan kalian akan mendapatkan return setiap tahunnya dari investasi di properti(rumah kalian) tersebut.
Contoh: Beli rumah di Dramaga Cantik Bogor pada tahun 2013 harganya 300jt, kemudian tahun 2017 harga rumahnya naik jadi 1 Miliar, sehingga kita dapet 700jt dalam 4 tahun, atau 175jt/tahun. Nah, 175jt/300jt=58,3%.***
3.Properti bisa menghasilkan pasive income yang stabil. Adapun penghasilan pasive income ini adalah uang sewa dari rumah tersebut. Ya, kalian yang selama ini mengontrak atau ngekos itu adalah contoh nyata dari yang satu ini. Apa pernah uang sewa kos turun? Apa kos yang kalian tempati sering kosong? Apa yang punya kos sering mengurusi kos kalian? Saya rasa masing-masing kalian sudah tahu jawabannya kan?
Adapun no.2 itu jenis investasinya bernama capital gain, sedangkan yang no.3 bernama cashflow. Yang sebenarnya jika memang tujuan kita adalah pensiun muda, lebih baik kita fokus kepada no.3 saja. Karena no.2 masih bisa berisiko dengan turunnya harga properti yang kita beli. Sedangkan no.3 lebih stabil karena mau bagaimanapun orang akan terus membutuhkan tempat tinggal kan?
Mungkin 3 hal di atas mewakili kenapa investasi di properti sangat menggiurkan bagi pemain-pemain kelas atas. Namun, seperti sebuah koin yang mempunyai 2 sisi, maka investasi di properti inipun memiliki beberapa kekurangan yang diantaranya adalah:
1.Properti merupakan investasi yang membutuhkan modal yang paling besar dibandingkan investasi-investasi yang pernah saya ajarkan selama ini. Ya, mungkin ada beberapa orang diluar sana yang mengatakan “investasi di properti tanpa modal!”, “tidak perlu modal besar untuk memulai investasi properti!”, “blablablabla”. Saya tidak mengatakan mereka bohong atau mereka salah, namun teknik yang mereka lakukan untuk memainkan investasi properti seperti itu belum saya pelajari lebih lanjut, sehingga saya masih termasuk kelompok orang-orang yang percaya bahwa investasi di properti membutuhkan modal yang lumayan atau bahkan sangat besar.
2.Properti adalah investasi yang membutuhkan skill negosiasi tinggi. Pernahkah kalian melihat harga suatu rumah bisa berubah-ubah antara satu pembeli dengan pembeli lainnya? Ya, semuanya tergantung negosiasi antara si penjual dan pembeli. Sehingga jika kita tipe yang mengalah-mengalah saja, ya kemungkinan besar kita akan mendapatkan harga yang kurang pas.
3.Properti tidak likuid seperti investasi-investasi yang pernah saya ajarkan selama ini. Artinya? Ya kalau kalian punya rumah seharga 1 Miliar, dan tiba2 kucing kalian sakit dan kalian butuh dana 1 Miliar untuk menyembuhkannya, maka kalian gabisa seketika menukar rumah tersebut dengan uang 1 Miliar.
Mungkin sekian dulu mengenai serangan yang bernama properti ini, kedepannya jika banyak yang tertarik akan dilengkapi lagi dengan data-data dan teknik-tekniknya deh.
Sekian dan thanks udah membaca!!!
*seperinya prajurit lebih cocok daripada pasukan, yang intinya mewakili uang yang akan bekerja untuk kita ke depannya.
**aman disini hanya pendapat subjektif saja, sebenarnya investasi apapun aman jika kalian tahu apa yang sedang kalian lakukan.

***contohnya terlalu indah untuk jadi kenyataan memang, rata-rata kenaikan tanah di beberapa daerah jabodetabek adalah 15%/tahun.

No comments:

Post a Comment