Saturday, March 12, 2016

Rangkuman Pertahanan

(Gambar: FF IX Bahamut vs Alexander)
Wah, tidak terasa perjalanan kita untuk sesi pertahanan sudah lumayan jauh, semoga status pertahanan pasukan kalian sudah bertambah lumayan banyak dibanding pertama kali kalian mampir ke blog ini beberapa bulan yang lalu ya.
Dengan penjelasan yang saya berikan selama ini, sadarkah kalian bahwa sebenarnya hampir semua latihan pertahanan yang saya sampaikan sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh semua orang bukan?(walau mungkin untuk beberapa bagian seperti bensin yang memang belum bisa diberlakukan di semua daerah.)
Dan satu yang baru saya sadari setelah 10 minggu menjelaskan latihan-latihan pertahanan ini, ternyata banyak dari pembaca blog ini sendiri yang sudah jauh “lebih jago” pertahannya dari saya! Jadi mungkin sebenarnya saya yang perlu belajar dari pembaca-pembaca sekalian nih.
Dan mohon diingat, dari semua pertahanan yang saya sarankan selama ini, satu yang paling penting yang mungkin lupa saya sampaikan, yaitu dengan pertahanan-pertahanan ini kalian HARUS lebih bahagia dan lebih sehat dalam pelaksanakannya! Jika ada pertahanan yang membuat kalian stres atau membuat hidup kalian menjadi tidak sehat, tidak ada keraguan lagi, TINGGALKAN sesegera mungkin. Karena bagaimanapun kesehatan merupakan investasi yang paling mahal yang pernah ada dalam kehidupan ini. Dan juga ketenangan jiwa adalah hal yang paling kita cari dalam hidup ini, oleh karena itu saya rasa kita disini sependapat bahwa salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan “bebas secara finansial” bukan? Sehingga buat apa menghemat sedikit uang jika hal itu membuat kita tersiksa*?
Untuk minggu ini, belum ada pertahanan baru lagi yang bisa saya ajarkan kepada kalian, sehingga di minggu ini saya hanya akan mereview pertahanan-pertahanan apa saja yang sudah kita pelajari selama ini dan berapa jumlah pasukan kita yang seharusnya akan bertambah dengan pertahanan yang sudah kita miliki dalam 10 tahun kedepan.
Minggu Ke
Pertahanan
Bonus Pasukan
1
Makanan dan Minuman
Rp.18.000.000
2
Listrik dan Token
Rp.24.000.000
3
Bensin(Mobil)
Rp.60.000.000
4
Pulsa dan Internet
Rp.18.000.000
5
Pakaian
Rp.10.900.000+Rp.19.800.000
6
Nasi
Rp.27.900.000
7
Olahraga(Berbayar)
Rp.39.000.000
8
Tisu
Rp.3.100.000
9
Hiburan
Rp.0, tapi dapat banyak berkah
10
Tempat Tinggal
Rp.0, karena setiap orang bisa sangat bervariasi.
Total pasukan yang akan kita selamatkan
Rp220.700.000!!!

Bagaimana? Terlihat besar? Dengan uang segitu kalian ketika umur 30 bisa mulai men-DP rumah(sekitar 50-100jtan), umroh(30jtan), dan bisa mengembangkan uang itu lebih lagi, jika 220jt itu kalian biarkan di suatu investasi dengan asumsi return 5% dalam waktu 10 tahun lagi, maka uang itu akan menjadi Rp.358,356,818, dalam waktu 20 tahun akan menjadi Rp.583,725,495, dan dalam 30 tahun menjadi Rp.950,827,323!!! Tanpa perlu campur tangan langsung dari kita!
Itupun belum ditambah 200jt  yang akan kalian dapatkan dari pertahanan kalian setiap 10 tahun berlangsung. Dan untuk 5% bisa ditingkatkan menjadi sekitar 12-20%/tahun dengan kombinasi serangan yang sudah saya ajarkan selama ini.
Bagaimana? Seperti biasa saya disini hanya bisa memaparkan dan menyarankan kalian beberapa cara agar kalian juga bisa bebas secara finansial kedepannya. Alangkah baiknya jika kita bisa bekerja ataupun melakukan sesuatu tanpa bermotifkan uang lagi kan. Alangkah enaknya jika kita bisa lebih mengabdikan waktu kita untuk lebih banyak kegiatan ibadah dan sosial. Oleh karena itu, bagi kalian yang masih merasa ragu dengan bisa atau tidak hidup bebas secara finansial, mari bersama kita mulai sedini mungkin untuk bisa melatih pertahanan kita.**
Sekian untuk kali ini, selamat bertahan!!!(
*berhubung batas tersiksa setiap orang berbeda-beda jadi saya tidak bisa menyarakan sampai batas mana kalian bisa melatih pertahanan kalian, bagaimanapun kalian yang paling tahu yang terbaik buat kalian sendiri. Saya disini hanya bisa menyarankan dan memberi alternatif untuk mendapatkan kehidupan yang lebih hemat dan lebih baik.
**asumsi kalian menaruh 100jt, dengan asumsi return 10%, maka dalam 10 tahun itu akan menjadi Rp.259,374,246, namun dalam 15 tahun(5 tahun setelah 259jt) akan menjadi Rp.417,724,817. Sehingga untuk mendapatkan 159jt pertama kalian membutuhkan 10 tahun, namun untuk mendapatkan 159jt berikutnya kalian hanya membutuhkan 5 tahun!!! Dan begitu seterusnya. Seperti kata Einstein “hukum keajaiban ke-8 di dunia ini adalah adanya hukum bunga berbunga.”



No comments:

Post a Comment