Saturday, January 2, 2016

Pertahanan Minggu ke-1: Makanan dan Minuman

(Gambar: Knight Defence Stance)
Oke, sekarang hari Sabtu, itu berarti saatnya untuk melatih pertahanan kita!
Latihan minggu pertama akan dimulai dengan membahas tentang Makanan dan Minuman!!!(Topik yang paling saya senangi). Karena hal ini merupakan hal yang setiap hari kita lakukan dan sehari bisa dilakukan lebih dari sekali.
Pertama-tama mari kita bahas berapa budget(batasan) uang yang boleh dikeluarkan untuk makanan ini sendiri, berdasarkan Li Ka Shing, biaya untuk konsumsi sehari-hari adalah 30% dari total pendapatan kita. Asumsi pendapatan kita Rp.4.000.000, maka uang yang bisa dihabiskan untuk makan, listrik, pulsa d.l.l adalah Rp.1.200.000.
Dari Rp.1.200.000 ini bisa kita jabarkan sebagai berikut:
Catatan: Asumsi sekali makan(beserta minum) berkisar di Rp.10.000, sehari 3x makan, dan 1 bulan 30 hari.
Pilihan I(tidak direkomendasikan)
-Makan Rp.40.000 sehari(10rb untuk jajan),
-Listrik, pulsa d.l.l dibayar dengan membesarkan persentasi yang dikeluarkan untuk konsumsi.
Pilihan II(lumayan direkomendasikan)
-Makan Rp.35.000 sehari(5rb untuk jajan), cukup untuk membeli cimol, gorengan, dan sejenisnya.
-Sisa Rp.150.000 untuk listrik, pulsa d.l.l
Pilihan III(sangat direkomendasikan)
-Makan Rp.30.000 sehari dengan tidak ada jajan apapun(terlalu menyiksa diri bagi beberapa orang)
-Sisa Rp.300.000 untuk listrik, pulsa d.l.l. Kemudian sisa dari uang tadi(kurang lebih Rp.150.000-an lagi) bisa ditabung atau diinvestasikan lagi.
Bagaimana? Saya yakin beberapa diantara kalian sudah ada yang membuat perencanaan seperti ini bahkan sebelum kalian membaca artikel ini. Bahkan mungkin ada yang berpikir “kalau begini doang mah gausah dikasih tahu juga udah saya lakuin”. Bagi kalian yang berpikir seperti itu saya sangat salut kepada kalian!!! Karena kalian sudah selangkah lebih awal untuk mendapatkan pensiun muda kalian.
Bagus sekali jika kalian sudah melakukannya lebih dahulu, kalau begitu kalian sudah siap untuk latihan pertahanan di bidang Makanan dan Minuman Level 2 yang akan saya posting dalam beberapa minggu ke depan.
Kembali lagi kesini, jika ada diantara yang belum memulai sama sekali, tidak usah malu, bahkan artikel ini memang saya buat khusus untuk kalian kok.
Dengan itu mari kita lanjut kepada pembahasan efek dari ketiga pilihan di atas.
Pilihan I biasanya diambil oleh orang-orang yang masih belum mempunyai pertahanan sama sekali terhadap keuangannya. Dan mereka sangat rentan tidak mempunyai pasukan* yang cukup untuk bertarung dan melindungi mereka kedepannya.
Pilihan II dan III bisa saja diambil secara berselang-seling biar tidak terlalu stres dan juga bisa mempunyai jumlah pasukan yang lumayan ke depannya. Pilihan ini yang paling aman untuk diambil bagi rata-rata orang.
Pilihan III, adalah untuk orang-orang yang ingin memperbesar pasukannya dalam tempo yang lebih cepat dengan mengorbankan kesenangannya terlebih dahulu. Jika pilihan ini konsisten dijalankan(asumsi per bulannya pasukan bertambah Rp.150.000 dalam 10 tahun maka jumlah pasukan akan menjadi Rp.18.000.000!!!!)
Oke, mungkin bagi beberapa orang Rp.18.000.000 adalah jumlah yang biasa saja, tapi itu baru penghematan dari 1 sisi, yaitu makanan/minuman. Yang mana penghematan pilihan III ini adalah penghematan yang dilakukan oleh orang yang memiliki pertahanan konsumsi yang paling dasar.
Mungkin sekian dulu untuk minggu ini, dan jika kalian mempunyai saran mengenai bagian pertahanan apa yang ingin kalian tingkatkan di minggu depan, silahkan pos di komentar ya, adapun pilihan yang mungkin saya ambil minggu depan:
-Listrik/Token
-Pulsa/Paket data
-Internet(Wifi/Bolt)
-Saran dari pembaca

*Saya menggunakan istilah pasukan/tentara untuk uang agar suasana RPG di dalam tulisan saya lebih terasa.

10 comments:

  1. Waah bagus nih Kalo tips hemat uang fotocopyan gimana ya bro? Ini saya mau ujian, selalu banyak duit keluar mendadak buat fotocopy catatan, soal dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Erdi Pratama, sebelumnya terima kasih sudah mampir di blog ini.
      Wah, sepertinya untuk masalah ini bisa diselesaikan dengan memakai soft copy yang disediakan di tiap-tiap universitas.
      Kalau untuk di IPB sendiri data-data softcopy untuk perkuliahan bisa diambil di "LMS".
      Untuk masalah soal-soal saya rasa tidak masalah jika harus difotokopi. Karena jika nilai dari sesuatu itu lebih besar daripada harganya berarti tidak ada salahnya jika kita mengeluarkan uang untuk hal tersebut.
      Dan yang terakhir untuk masalah catatan saran dari saya adalah biasakan untuk mencatat di kelas, karena bagaimanapun catatan yang paling enak untuk dibaca adalah catatan yang kita buat sendiri(bahkan terkadang hanya kita yang mengerti catatan tersebut).
      Sekian jawaban dari saya, semoga bisa membantu.

      Delete
  2. bro mau nanya ni,bulanan gua 2 jt terus gua mau saving tiap bulannya 800 rb nah dr 800 rb dibagi 2,400rb buat tabungan pribadi,400 rb buat saving uang bulanan depan,jd ortu gua bulan depan tinggal ngirim 1.6 jt buat bulanan biar pas 2 jt,(biar ga ngeberatin mereka juga hehe)
    nah cara pembagian yg baik buat konsumsi sehari2 gmn ya bro?sementara setelah dihitung2 pengeluaran paling minim 1 hari sekitar 35rb-40rb dlm 1 bulan dikrnkan butuh uang fotokopi dll trims dimohon sarannya really looking forward for your respons

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cita-cita kita, niat anda mulia sekali jika sudah sadar akan pentingnya untuk tidak memberatkan orang tua lagi terutama secara keuangan.
      Langsung saja kita bahas permasalahannya, yaitu ingin menyimpan uang sebesar 800rb dari 2jt yaitu 40% dari pendapatan anda..
      Jika anda lihat ketiga pilihan saya di atas, maka yang paling masuk akal adalah anda mengambil pilihan ke-3, sehingga anda akan mempunyai dana sisa sebesar 300rb lagi untuk listrik,pulsa,d.l.l.(yg seharusnya cukup kecuali anda hidup dengan gaya yang lumayan boros).
      Saya rasa dengan ini masalah anda sudah selesai.
      Yang masih saya pertanyakan bisakah anda jabarkan apa yang membuat anda bisa mengeluarkan uang sebesar 35-40rb/harinya?

      Delete
  3. mr.ahmad,ya 35-40 itu dilihat dr kondisi harga makanan sekitar kos dan kampus saya yg berkisar 15-25 sekali makan,dan juga biaya2 tak terduga;ongkos,fotokopi slide yg "harus",dan ingin menangakan yg baik cara pembukuan keuangan yg baik,atau kiat2 supaya tidak boros gt(pengeluaran sesuai dgn target perhari) trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 15-25rb sekali makan itu sebenarnya bisa ditekan dengan "memasak sendiri" yang akan saya bahas di artikel saya berikutnya..
      Dan untuk ongkos, bisa dipecahkan dengan pindah ke kosan yang lebih dekat ke kampus sehingga anda bisa pergi ke kampus dengan sepeda atau bahkan berjalan kaki..
      Dan untuk pembukuan keuangan sendiri mungkin saya sarankan untuk mengikuti metode "Li Ka Shing", yang menyarankan untuk membatasi pengeluaran untuk konsumsi di angka 30%, hiburan 10%, menambah relasi 20%, belajar 15%, dan menabung/investasi di angka 25%. Sehingga dengan memotong bagian hiburan, menambah relasi dan belajar sebanyak 5%, tabungan/investasi anda bisa berada di angka 40% seperti yang anda inginkan..
      Semoga membantu..

      Delete
  4. ire,makasi banyak re,saya akan mengaplikasikan. metode ini selama 1 bulan,ya saya harap blog selanjutnya segera keluar untuk membantu mengatur pengeluaran saya khususnya dikonsumsi terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, ditunggu ya artikel-artikel selanjutnya..
      Semangat, kamu pasti bisa kok!!!
      "Dimana ada kemauan, disitu ada jalan."

      Delete
  5. Luar biasa ire..
    Untuk budget sewa bagaimana ya ire? Seperti kost/kontrakan? Masuk ke budget mana? Karena pengeluaran saya paling besar disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ai
      Pertanyaan yang sangat bagus, mungkin akan saya pertimbangkan buat bahan artikel berikutnya ya..
      Untuk sementara saya masih mengumpulkan data mengenai kecenderungan harga sewa untuk masing-masing kelas masyarakat karena terdapat kesenjangan yang begitu besarnya di antara masing-masing kelas.

      Delete