Monday, February 1, 2016

Serangan Minggu Ke-5 Saham

(Gambar: Haseo dot Hack)
Serangan baru hadir~~~
Dan serangan ini mungkin sedikit lebih berisiko dari serangan-serangan kita sebelumnya. Adapun nama serangan kali ini adalah Saham. Mendengar namanya saja mungkin beberapa orang sudah gemetar ataupun memikirkan hal-hal yang negatif seperti kerugian, menghabiskan waktu di depan layar komputer, uang dibawa kabur, d.l.l.
Tapi tenang, jika kalian sudah melatih kebijaksanaan kalian, maka saya kalian akan berusaha untuk mengambil sisi positifnya dari saham dibanding mencaci dan mencari-cari sisi negatifnya, seperti yang saya sampaikan disini.
Oke, jika sudah siap maka akan kita lanjutkan dengan sedikit penjelasan mengenai apa yang akan saya jelaskan di sesi ini.
1.Modal awal bermain saham = Untuk membuka rekening pertama kali sangat bervariasi antara sekuritas 1 dengan lainnya. Sebut saja Panin Sekuritas membutuhkan pasukan sekitar 25jt untuk membuka rekening saham perdananya. Tapi jangan panik, karena ada juga Sinarmas Sekuritas yang bisa membuka rekening baru hanya dengan bermodalkan pasukan sebesar 250rb.
2.Cara membuka rekening saham = Kalian bisa mendatangi langsung Sekuritas yang kalian inginkan kemudian kalian akan mendapatkan formulir yang lumayan banyak, yang kemudian biasanya meminta lampiran KTP, NPWP(Nomor Pajak Wajib Pajak), beberapa buah Materai 6000 dan cover pendukung rekening bank. Adapun NPWP tidak menjadi masalah jika kalian memang belum punya. Nanti dari pihak sekuritas akan memberikan lampiran tambahan yang menegaskan bahwa kalian belum mempunyai NPWP.
3.Memilih Sekuritas yang baik? = Dari saya hanya memberikan saran cari yang pelayanannya bagus(fast respond, pelayanan ramah, dan mbak-mbaknya cantik) dengan fee yang rendah. Adapun fee beli untuk KDB Daewoo Security adalah 0,15% dan fee jual 0,25%. Untuk detail mengenai ini saya rasa kalian lebih baik googling saja karena masih banyak faktor-faktor lain yang mungkin lebih spesifik yang akan kalian butuhkan.
4.Cara Bermain Saham = Ada 2 jenis umum mengenai cara bermain saham. Pertama dengan cara trading, dan kedua dengan cara value investing. Adapun yang saya baru pelajari, namun biasanya untuk modal yang lumayan besar yaitu dividend investing. Apa pengertian dari ketiganya? Jika kalian memang betul-betul tertarik maka saya menyarankan untuk membaca buku:
1.The Inteliggent Investor karya Ben Graham(gurunya Warren Buffet). Tebelnya 948 halaman sih, jadi bacanya dicicil-cicil aja biar ga kelabakan.
2.One Up on Wall Street karya Peter Lynch.
3.4 Pillar of Investing karya William J.Bernstein.
Kalau memang belum mampu membeli buku aslinya bisa mencari rangkuman bukunya ya(Tidak menyarankan mendownload versi bajakannya).
Dan juga biasanya orang-orang yang sudah membaca buku diatas pemikirannya akan jauh lebih terbuka mengenai dunia saham yang sesungguhnya. Kalau kalian sudah membacanya sendiri kalian pasti mengerti apa yang saya maksud disini J.
5.Target Keuntungan = Berhubung saya mengerti kebanyakan dari kita adalah Risk Averse(orang yang cenderung menghindari risiko), dan karena benarnya teori High Risk High Return, saya hanya menyarankan anda untuk sekedar mencari keuntungan max 12-15%/tahun. Mungkin terasa sedikit ketika pasukan kalian masih berjumlah 1jt. Tapi ingat, mental kita adalah orang yang memiliki pasukan yang berjumlah miliaran, sehingga kita harus bisa menganggap pasukan yang kita kelola itu berjumlah miliaran, yang mana 10%nya saja sudah 100jt!
Sekedar mengingatkan, berhubung investasi ini mulai memiliki risiko yang cukup signifikan(bisa jadi dalam seminggu pasukan bisa berkurang sebesar 50%), maka JANGAN PERNAH gunakan uang dapur anda(uang yang dipakai untuk membeli susu anak, membeli makanan sehari-hari, dan keperluan lain yang memang tidak bisa ditunda). Hanya gunakan uang bebas anda.
Mungkin itu saja mengenai saham kali ini, memang untuk saham ini sendiri banyak situs dan juga blog diluar sana yang lebih fokus membahasnya dari segala aspek. Sehingga saya disini hanya berfungsi menjembatani kalian saja, minimal dengan ini kalian sudah sedikit banyak mengetahui tentang saham. Adapun situs yang bisa saya sarankan adalah Parahita, Bengkel Saham, dan Saham Indonesia.

Terima kasih telah membaca dan selamat bermain saham!!!

No comments:

Post a Comment